Pengertian Aperture dan Depth of Field pada Kamera

by , under Kamera

Pengertian Aperture dan Depth of Field pada Kamera – Pernah mendengar mengenai segitiga exposure? Jika pernah, anda pasti pernah mendengar mengenai tiga elemen yang ada pada exposure, elemen tersebut diantaranya ISO, shutter speed, dan aperture. Lalu apa yang dimaksud dengan aperture dana pa hubungannya dengan dept of field? aperture dan depth of field adalah bukaan diafragma pada lensa kamera yang ditandai dengan f/ (aperture) dan depth of field adalah ukuran seberapa jauh bidang fokus dalam foto. Tidak hanya pada kamera digital, aperture juga dapat diatur dalam kamera smartphone. Jika anda pernah mengatur aperture, anda pasti akan dihadapkan dengan tampilan f/3.5, f/4, dll. Lalu apa yang dimaksud dengan angka setelah garis miring tersebut? Untuk memahaminya, simak ulasan berikut ini!

Aperture Dan Depth Of Field Pada Kamera

Angka setelah f/ tersebut adalah nilai dari aperture atau bukaan lensa/diafragma pada lensa dimana semakin besar angka nya maka bukaan lensa semakin kecil begitu pula sebaliknya. Lalu apa pentingnya bukaan lensa terhadap foto? Foto yang diambil dengan aperture yang kecil akan memperlihatkan gambar yang lebih gelap, sebaliknya jika anda mengatur aperture yang lebih besar, gambar yang anda dapat akan lebih terang, namun dalam mengatur aperture anda harus memperhatikan mengenai ISO dan shuter speednya. Lalu apa hubungan aperture dan depth of field? Jadi, aperture itu dapat mengontrol depth of field. Aperture dan depth of field adalah kedua komponen yang berhubungan. Pengaturan mengenai aperture dalam kamera mempengaruhi sebesar apa lensa terbuka, terbukanya lensa akan mempengaruhi depth of field objek yang tertangkap. Semakn lebar depth of fieldnya, semakin besar objek foto akan terlihat tajam dan fokus, semakin kecil depth of fieldnya, semakin kecil juga objek yang terlihat tajam dan fokusnya. Memang untuk pemula agak sulit untuk memahami konsep aperture dan depth of field ini.

Nah, sudah tahu kan bagaimana hubungan aperture dan depth of field? Aperture dan depth of field adalah suatu hal yang cukup penting yang harus dipahami seorang fotografer sehingga anda harus mempelajarinya.